Thursday, February 21, 2019

Panduan Wisata Lombok dan Sekitarnya

Lombok adalah sebuah pulau di provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Indonesia. Pulau ini merupakan bagian dari rantai Kepulauan Sunda Kecil, dengan Selat Lombok yang memisahkannya dari Pulau Bali di barat dan Selat Alas dari Pulau Sumbawa di timur.

Danau Segara Anak di Gunung Rinjani
Karena letaknya yang bersebelahan dengan Pulau Bali, Lombok sering diibaratkan sebagai saudara Bali yang belum terjamah. Itu disebabkan karena Lombok memiliki banyak pantai indah, air terjun yang memesona, gunung indah yang menjulang tinggi serta jumlah wisatawan yang relatif sedikit, membuat Lombok menjadi pulau tropis yang layak untuk dikunjungi.

Namun menyebut Lombok sebagai pulau "surga" bukan berarti hal itu berlaku buat semua orang. Walaupun pemandangan pulau Lombok harus diakui sangat indah, namun di sisi lain cara hidup tradisional dan modernitas yang kurang berkembang membuat beberapa kalangan kurang tertarik untuk mengunjungi pulau Lombok.

Di Lombok terdapat banyak toko yang menjual berbagai macam barang dagangan, di mana penduduk desa dapat menemukan makanan, perangkat keras dan semua mainan di toko tertentu. Walaupun Anda dimungkinkan untuk menemukan hotel bintang lima yang dijalankan oleh perusahaan global di Lombok, namun sayangnya hal itu sangat sedikit dan tidak semenjamur seperti di Bali.

Dalam bahasa Adat orang Sasak Lombok, kata lombok berawal dari "luum­buku" yang secara harfiah artinya "lurus ke depan". Meskipun artinya demikian, namun sayangnya terdapat kesalahpahaman dalam mengartikan Lombok. Kesalahpahaman yang dimaksud mengatakan bahwa nama pulau Lombok berasal dari Bahasa Indonesia dimana Lombok berarti cabai atau cabe.

Daerah
  • Lombok Barat (Bangsal, Lembar, Mataram, Tanjung, Senggigi) - Pusat administrasi, pantai terkenal dan sebagian besar infrastruktur pariwisata telah dikembangkan dan merupakan pintu gerbang ke pulau Gili yang terkenal.
  • Lombok Utara (Gunung Rinjani, Senaru) - Gunung Rinjani yang perkasa, air terjun, pemandangan indah dan rumah bagi tradisi Waktu Telu.
  • Lombok Tengah dan Timur (Praya, Labuhan Lombok, Selong, Tetebatu) - Desa-desa dan pantai-pantai yang tenang dan feri berangkat ke arah timur menuju Sumbawa dan selanjutnya ke Flores.
  • Lombok Selatan (Kuta, Sekotong, Tanjung Aan) - Pantai terpencil yang menakjubkan dan surga selancar
  • Kepulauan Gili (Gili Air, Gili Meno, Gili Trawangan) - Pulau-pulau kecil di pantai barat, populer sebagai situs penyelaman.
Budaya
Lombok memiliki budaya asli yang kaya dan telah bertahan dari tekanan modernitas. Budaya yang tersisa masih sangat kuat dan salah satu peninggalan kebudayaan suku Sasak adalah beberapa atraksi unik yang mereka lakukan.

Pulau ini sendiri memiliki populasi total 3.166.685 (sensus 2010), 85% adalah orang-­orang Sasak asli yang diperkirakan datang dari Jawa di milenium pertama Sebelum Masehi. Sementara itu, warga lainnya yang diperkirakan 10­-15% adalah orang Bali, dengan beberapa masyarakat Tionghoa­peranakan, Jawa, Sumbawa dan Arab-­Indonesia.

Bahasa dan budaya suku Sasak berkaitan erat dengan Bali, tapi tidak seperti orang Bali yang beragama Hindu, mayoritas agama yang dianut oleh masyarakat lokal Lombok adalah Islam. Menurut sumber, Islam pertama kali dibawa ke Lombok oleh pedagang yang datang dari Sumbawa di abad ke­-17 yang kemudian mendirikannya di Lombok Timur.

Sementara itu, sumber lain menggambarkan kalau pengaruh Islam pertama kali tiba di paruh pertama abad ke­-16. Dari naskah daun kelapa Babad Lombok berisi sejarah Lombok yang mengisahkan bagaimana Sunan Prapen dikirim oleh ayahnya, Susuhunan Ratu dari Giri, pada ekspedisi militer ke Lombok dan Sumbawa untuk mengkonversi penduduk dan menyebarkan agama baru.

Namun agama baru yang dimaksud memiliki karakter yang sangat sinkretisasi, dimana terdapat pencampuran animisme dan keyakinan Hindu-­Budha dan praktik ajaran Islam. Ini tetap demikian sampai seorang Sunni yang Islamnya lebih ortodoks perlahan-­lahan mulai menjadi populer pada awal abad ke­-20.

Program agamaization pemerintah Indonesia di Lombok selama 1967 dan 1968 menyebabkan periode beberapa kebingungan yang cukup besar dalam kesetiaan dan praktik keagamaan.

Program agamaization ini kemudian menyebabkan munculnya praktik keagamaan tertentu di Lombok. Sebuah kelompok Islam non-­ortodoks di Lombok yang terkenal dengan aturan Wetu Telu (Shalat Tiga Waktu), yang seperti namanya mereka hanya akan melakukan 3 kali Shalat selama sehari, bukan 5 kali Shalat sebagaimana yang diatur dalam Al-Quran.

Keyakinan Waktu Telu ini diyakini ada sangkut pautnya dengan animisme. Selain itu, kabarnya Wetu Telu ini memiliki pengaruh selain Islam, seperti dari keyakinan Hindu dan panteistik. Ada juga sisa­sisa Boda (orang­-orang tanpa agama) yang mempertahankan kepercayaan Pagan Sasak.

Sebelum kedatangan Islam, Lombok mengalami periode Hindu yang panjang dan juga pengaruh Buddha yang datang melalui pulau Jawa. Kendati demikian, hingga hari ini Islam menjadi Mayoritas, sementara beberapa kepercayaan minoritas lain seperti Hindu Bali tetap ada di Lombok.

Agama minoritas Hindu masih dipraktik-kan di Lombok bersama mayoritas agama Islam. Hindu dianut oleh etnis Bali yang telah datang dari Pulau Bali serta beberapa orang adat asal Sasak. Semua upacara keagamaan utama Hindu dirayakan di Lombok dan ada banyak desa di Lombok yang memiliki penduduk mayoritas Hindu. Menurut legenda setempat, dua desa tertua di pulau itu, Bayan dan Sembalun, didirikan oleh seorang pangeran dari Majapahit.

Nagarakertagama, puisi daun sawit abad 14 yang ditemukan di Lombok, mengisahkan bahwa pulau Lombok termasuk salah satu pengikut dari kerajaan Majapahit. Naskah ini sendiri berisi deskripsi rinci dari Kerajaan Majapahit yang juga menegaskan adanya Hindu-­Budha di kerajaan Majapahit dengan mendeskripsikan kuil, istana dan beberapa upacara.

Lombok pernah mengalami masa pendudukan Bali sampai pemerintah kolonial Belanda mengembalikan Lombok ke Pemimpin Sasak pada awal 1890. Itu terjadi karena pemimpin Sasak yang digulingkan meminta permohonan langsung kepada penjajah Belanda untuk membantu mengusir penjajah Bali. Setelah serangan militer yang berlarut-larut, Belanda akhirnya menguasai Bali dengan pertempuran berdarah di sekitar Ampernan dan Mataram.

Belanda mengambil naskah Nagarakretagama sebagai bagian dari harta berharga Lombok yang diambil sebagai rampasan perang dari istana Mataram-Cakranagara yang hancur di Lombok pada tahun 1894. Setelah kekalahan penjajah Bali, rakyat Lombok tetap di bawah kendali kolonial Belanda di Belanda - Hindia Timur sampai Jepang menduduki Lombok pada 1940-an.

Agama minoritas seperti Kristen ada di Lombok dianut oleh beberapa etnis Cina dan Indonesia lainnya terutama yang berasal dari Nusa Tenggara Timur. Ada juga komunitas Arab kecil di Lombok yang menurut sejarah berasal dari Yaman. Masyarakat kecil masih terlihat terutama di Ampenan, pelabuhan tua Mataram dan mempertahankan banyak tradisi mereka sendiri.

Sebuah pusat pengungsi UNHCR yang didirikan beberapa tahun lalu di Lombok. Baru­-baru ini orang asal Irak telah tiba di Lombok berdasarkan ketentuan program UNHCR ini. Banyak dari pengungsi tetap dalam keadaan limbo di Lombok sementara mereka mencoba untuk mencari imigrasi ke Australia atau di tempat lain. Beberapa pengungsi ini telah menikah dengan masyarakat Lombok.

Selain itu, ada juga beberapa kelompok kecil terutama yang berasal dari Eropa, Australia dan Selandia Baru yang merupakan penduduk penduduk atau penduduk semi-­permanen di Lombok. Beberapa pensiunan, yang lain memiliki kegiatan usaha di Lombok atau di sekitarnya atau mereka bekerja di industri pertambangan Nusa Tenggara Barat (NTB), dimana mereka sebagian besar hidup di wilayah pesisir Lombok Barat.

Lombok memiliki pemukim individu dan masyarakat kecil orang Indonesia dari daerah lain termasuk Bali, Jawa, Sumbawa, dan Timor serta daerah lain di Indonesia tetapi budaya yang berlaku dan dominan tetap adalah orang­-orang suku Sasak.

Iklim

Pantai di Gili Trawangan Lombok
Iklimnya tropis, dengan suhu panas dan lembab. Lombok tampak lebih kering dari tetangganya, Bali. Hal itu tentu saja akan membuatnya menjadi pilihan destinasi wisata yang sangat menarik selama musim hujan Oktober­-April (Di Lombok juga hujan, tapi durasinya jarang lebih dari satu atau dua jam). Puncak musim liburan adalah Mei-­Agustus.

Bahasa
Bahasa daerah utama adalah Bahasa Sasak, yang merupakan bahasa asli orang Lombok. Bahasa Sasak biasanya digunakan di seluruh Lombok dan memiliki variasi dialek di seluruh pulau. Bahasa Indonesia juga diucapkan atau setidaknya dipahami oleh banyak orang lokal dan biasanya akan digunakan di kantor­-kantor pemerintah, toko-­toko besar dan bisnis.

Di daerah yang terpencil dan belum berkembang di Lombok, Bahasa Indonesia tidak sering digunakan dan bahkan kerap tidak dipahami oleh masyarakat setempat, terutama orang tua dan mereka yang tidak mengenyam pendidikan formal.

Sementara itu, Bahasa Inggris cukup umum digunakan di daerah resor dan kadang-­kadang beberapa bahasa Eropa lainnya juga dituturkan oleh orang­-orang yang terlibat di sektor pariwisata.

Mengunjungi
Dengan pesawat
Bandara International Lombok, (BIL), IATA : LOP, ICAO : WADL adalah satu­satunya bandara operasional yang saat ini ada di Lombok. Bandara baru ini terletak di dekat kota Praya di Jalan Raya, Tanak Awu Lombok Tengah di Lombok selatan pusat dan sekitar 40 km sebelah selatan dari Mataram, dan 55 km sebelah tenggara dari Senggigi. Polisi pariwisata didirikan Lombok Barat.

Bali (IATA : DPS) hanya memerlukan jarak pendek melalui udara (waktu penerbangan 25 menit) dengan beberapa penerbangan setiap hari oleh kedua turboprop dan pesawat bertenaga jet. Biaya tiket biasanya Rp 200.000-300.000 untuk satu perjalanan kecuali saat hari ramai.

Penerbangan domestik yang beroperasi ke dan dari Lombok sering tertunda dan kadang­-kadang dibatalkan tanpa pemberitahuan. Luangkan waktu murah hati Anda dalam transit antara penerbangan terutama mereka yang menggunakan koneksi internasional.

Mengelilingi
Dari bandara
Dengan bus bandara
Bus umum DAMRI menyediakan layanan terjadwal dari Bandara Internasional Lombok ke Mataram atau Senggigi. Bus-bus yang melayani rute memiliki kapasitas hingga 40 penumpang, tergantung pada bus yang digunakan. Tarif dari / ke Terminal Bus Mandalika Mataram adalah Rp 225.000 dan dari / ke Senggigi adalah Rp 335.000.

Transfer di Terminal Bus Mandalika mungkin diperlukan pada beberapa layanan. Meskipun mungkin ada beberapa variasi harian, jadwal menyediakan layanan dari Senggigi, berangkat dari dekat Pasar Seni , dan melanjutkan ke bandara dengan interval 1,5 jam. Bus pertama berangkat pukul 03:30 dan layanan terakhir berangkat dari Senggigi pada pukul 20:00.

Berikan margin yang besar untuk keterlambatan jika menggunakan layanan menuju bandara untuk memastikan bahwa Anda tiba di bandara dalam waktu yang cukup untuk check-in untuk penerbangan keberangkatan Anda. Layanan berangkat dari terminal bus Mandalika di pinggiran timur Mataram berangkat setiap jam, layanan pertama ke bandara berangkat pukul 04:00 dan yang terakhir berangkat pukul 19:00.

Terminal bus dilengkapi dengan ruang tunggu ber-AC untuk para penumpang DAMRI yang datang dari atau berangkat ke bandara. Taksi Bluebird biasanya tersedia di Senggigi dan di Mataram untuk memenuhi persyaratan perjalanan ke tujuan lain. Di bandara, konter bis DAMRI dapat ditemukan di ujung jauh halaman depan terminal.

Belok kanan saat Anda meninggalkan halaman depan pusat terminal. Gerai DAMRI adalah struktur berdiri bebas di dekat jalan terminal utama dan biasanya dikelola oleh karyawan DAMRI yang berseragam. Staf DAMRI akan membantu Anda dengan waktu keberangkatan dan menaiki kendaraan yang sesuai. Jika tidak mengenakan seragam DAMRI yang mudah diidentifikasi maka orang tersebut bukan karyawan DAMRI.

Taksi bandara
Beberapa pengemudi taksi mungkin sangat ingin mengantar Anda di sekitar dan membantu Anda untuk menemukan tempat tinggal ketika Anda pertama kali tiba, kadang­-kadang mereka mungkin diam-­diam mendapatkan komisi kecil dari hotel yang Anda pilih.

Jangan mau disesatkan oleh calo taksi. Gunakan hanya taksi resmi dan mengabaikan saran atau dorongan untuk menggunakan operator informal. Taksi resmi jelas diidentifikasi dan ditandai dengan baik oleh bandara, semisal Taksi Bluebird, atau Taksi Express dan lainnya.

Di Lombok, calo sering menawarkan tarif jauh lebih rendah dari taksi argo. Misalnya, perjalanan dari bandara ke terminal feri Pulau Gili memerlukan biaya sekitar Rp 250,000, sementara itu calo di bandara menawarkan perjalanan dengan tarif rendah mencapai Rp 150,000. Hal yang sama berlaku dengan cara lain.

Taksi Argo
Sebuah taksi meteran dari lokasi Bandara Internasional Lombok ke Senggigi biayanya sekitar Rp 225.000-250.000, untuk kota Mataram / Ampenan mungkin sekitar Rp 175.000-200.000. Dipahami bahwa Bandara Taksi akan mulai menggunakan meter untuk perjalanan dari bandara baru. Waktu perjalanan dari kawasan wisata utama Senggigi adalah 70-120 menit tergantung pada lalu lintas dengan waktu tempuh normal sekitar 70 menit.

Beberapa hotel besar menawarkan transfer penjemputan ke dan dari bandara. Anda harus memesan terlebih dahulu untuk ini. Operator swasta sering menawarkan layanan transportasi di bandara dan transaksi semacam itu harus didekati dengan hati-hati untuk memastikan bahwa biaya dan kendaraan mereka sesuai. Juga harus dipahami bahwa banyak dari operator transportasi pribadi sangat mungkin untuk secara diam-diam mencari komisi dari hotel yang Anda tuju. Pembayaran ini kadang-kadang dicari bahkan jika Anda telah melakukan pemesanan sebelumnya di hotel tujuan. Seringkali operator ini menawarkan layanan yang tulus dan berharga dan bekerja keras menggunakan pengetahuan lokal mereka untuk membantu menemukan tamu merekaakomodasi yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Namun beberapa hanya calo dan oportunis, sehingga kebijaksanaan dan akal sehat harus digunakan untuk terlibat dengan salah satu panduan ini atau operator transportasi pribadi .

Tidak ada biaya parkir yang harus dibayarkan saat keluar dari Bandara Lombok kecuali Anda telah memesan transfer pribadi dan waktu tunggu telah bertambah. Biaya ditampilkan di papan informasi di stan.

Penumpang bertanggung jawab untuk membayar biaya parkir bandara jika taksi mereka memasuki bandara. Berikan dan tambahan Rp 4.000 kepada pengemudi untuk mengeluarkan mereka dari bandara setelah mengantar Anda ke terminal.

Dengan perahu
Lombok Ekpress Fast Boat, Jln. Batu Layar, Senggigi, Lombok Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Perahu pribadi
Di pantai utara barat Lombok yang baru didirikan Medana Bay Marina memiliki Dua Puluh Lima mooring buoy di lebih dari 5m air untuk 35 ft­45 ft kapal dan ruang pelabuhan selama dua puluh kapal. Fasilitas marina yang baru didirikan pada tahun 2009 dan menjadi tuan rumah lebih dari 90 kapal pesiar selama acara Sail Indonesia pada bulan September 2009 dan 2010.

Lihat artikel Tanjung untuk rincian lebih lanjut tentang fasilitas Marina di Medana. The mooring basin berpusat di 08 ° 21,833'S dan 116 ° 07.750'E dengan titik pendekatan transit yang hampir ke utara pada 08 ° 20,432'S dan 116 ° 07.685'E. Sebuah Bagan Sea tersedia di website Marina ini.

Medana Bay sebelumnya telah digunakan sebagai perhentian resmi pada jadwal dari Sail Indonesia. Pada akhir Juli 2010 peserta Sail Indonesia ­ Sail Banda 2010 berlayar dari Darwin Sailing Club di utara Australia. Setelah berkumpul di Labuhan Bajo di ujung barat Flores pada bulan September awal 2010 mereka pindah ke Medana Bay di pantai utara ­barat Lombok sebelum pindah ke Bali dan Kalimantan. Peserta mengunjungi kembali pulau Lombok lagi pada tahun 2011 sebagai bagian dari acara 2011 Sail Indonesia.

Mengelilingi
Dengan bemo
Bemo (minivan) adalah sarana utama transportasi jarak pendek dan menengah di Lombok. Mereka dapat dipuji di atas semua jalan-­jalan yang lebih besar dan dengan senang hati akan membawa Anda ke perjalanan menengah. Tarif dari Ampenan ke Senggigi di perkiraan adalah Rp +7,500­,10,000 / orang. Kadang-­kadang wisatawan akan dikenakan biaya tambahan dan jika bemo yang dinaiki sedang kosong supir mungkin saja akan mengenakan biaya yang lebih tinggi, seringkali lebih dari naik taksi atau setara lebih dari jarak yang sama.

Jika Anda membawa tas belanja besar atau barang­-barang lainnya yang lebih dari satu bungkus atau barang tangan kecil, mungkin Anda akan dikenakan biaya lebih sedikit. Untuk barang belanjaan besar atau satu item yang benar­-benar besar seperti sepeda, bagasi atau serupa mungkin dua kali lipat biaya untuk satu orang atau sedikit lebih jika pengemudi kehilangan bisnis dari orang lain karena Anda telah mengambil banyak ruang di dalam kendaraan atau jika pengemudi perlu membantu dengan bongkar muat.

Dengan taksi
Taksi Bluebird dan Taksi Express adalah Taksi argo yang umum di Mataram, Cakranegara dan Ampenan dan bisa beroperasi ke daerah Bangsal, Sira, Medana dan sepanjang jalur pariwisata pantai barat termasuk Senggigi serta Lembar.

Taksi Bluebird lebih produktif dan Taksi Ekspres yang berwarna putih memiliki sistem radio pengiriman dan kedua perusahaan mobil ini dilengkapi dengan meter (argo) yang harus digunakan oleh supir setiap saat. Taksi dapat dipesan terlebih dahulu baik dengan menghubungi mereka sendiri atau dengan pemesanan melalui hotel Anda.

Taksi BlueBird berwarna biru ringan dengan sedan Toyota Limo (model akhir Vios). Mobil Taksi Ekspres adalah model akhir sedan Hyundai dan dicat putih seluruhnya. Taksi Bluebird memiliki biaya minimum Rp 15.000. Sebagai panduan angka kasar pada Rp 10.000 untuk hop di sekitar kota dan sekitar Rp 60,000­65,000 dari Senggigi ke Mataram / Cakranegara.

Dengan mobil
Sewa mobil
Menyewa mobil juga merupakan pilihan dan ada beberapa tempat untuk menyewa dari mobil di sekitaran Senggigi, Mangsit dan Mataram. Tarif harian sewa mobil biasanya berkisar Rp 150,000­175,000 (Suzuki Mini jeep­Jimmy (2x4) 4 kursi keluaran 1980­90, Rp 250.000­Rp 300.000 untuk Toyota Azanza/Daihatsu Xenia (2x4) 6­8 kursi, Rp 300,000­ Rp 450.000 untuk Toyota Kijang atau model Kijang Innova-(2x4) 7­8 kursi. Usia dan kondisi mobil akan mempengaruhi harga terlebih lagi jika permintaan akan sewa yang tinggi di periode puncak pariwisata sekitar Juni­Agustus dan hari libur lokal.

Bensin (bensin) saat ini ditetapkan pada harga tetap Rp 7.600 / liter dari outlet resmi. Bensin tersedia baik melalui outl resmi Pertamina atau juga di warung­warung pinggir jalan di mana 1 liter botol akan dijual seharga Rp 8,500­9,500. Harga di pedagang pinggir jalan bervariasi tergantung hari dan keterpencilan lokasi.

Bahan bakar diesel (Solar) biasanya hanya tersedia di outlet Pertamina di seluruh Lombok. Mengemudi sendiri di sekitar Lombok bukan untuk yang belum tahu. Banyak tanda­tanda jalan yang jarang dan ambigu di daerah yang lebih terpencil di Lombok. Jika Anda tidak terbiasa dengan sistem jalan Anda mungkin menghabiskan lebih banyak waktu mencari daya tarik wisata daripada menghabiskan waktu untuk menikmatinya.

Perawatan harus dilakukan setiap saat ketika mengendarai mobil di mana saja di Lombok karena jalan kadang­kadang dalam kondisi yang sangat buruk dan berlubang besar dan kerusakan jalan lainnya dapat menyebabkan kecelakaan dan cedera serius. Sebagian besar dari sopir di Lombok memiliki pengetahuan baik. Pengguna jalan biasanya serius disiplin dan terlibat dalam perilaku yang sangat berbahaya dan tidak menentu di jalan.

Jika Anda memilih untuk menyewa mobil atau sepeda motor pastikan selalu memeriksa secara menyeluruh atas kerusakan sebelumnya dan memastikan bahwa Anda membahas dokumen kerusakan yang ada pada kendaraan, dengan penyewa, sebelum mengambil menyewanya. 

Jangan lupa juga untuk memeriksa urutan kerja dari rem dan kondisi ban (termasuk inflasi ban) sebelum menerima kendaraan. Cara terbaik adalah untuk mencoba mengendarai mobil di jalan sebelum menyelesaikan kesepakatan, terutama jika menyewa model mobil yang lebih tua seperti Suzuki Jimmy dan Kijang (Toyota). Pastikan STNK saat ini ­ (Surat Tanda Nomor Kendaraan) (Sertifikat pendaftaran mobil) adalah sama dengan kendaraan dan itu merupakan asli.

Mobil dengan sopir
Sebuah alternatif yang baik untuk menyewa mobil adalah dengan menyewa mobil bersama sopir lokal. Kisaran harga biasanya IDR350,000-­700,000 / hari dan akan bervariasi ke atas dengan tujuan yang diperlukan. IDR350,000 biasanya hanya akan mencakup perjalanan yang sangat dasar dengan jarak yang terbatas.

Jenis layanan yang biasanya ditawarkan adalah paket all in one termasuk sewa mobil, sopir dan BBM. Pengemudi dapat membawa Anda dengan mudah ke semua atraksi lokal, ditambah beberapa tempat yang tidak pernah ditunjukkan dalam buku­-buku panduan. Seorang sopir yang baik biasanya akan mengambil tanggung jawab atas apa pun yang terjadi selama perjalanan dan akan dengan senang hati untuk mengakomodasi jadwal perjalanan Anda.

Jika Anda ingin mengambil 2­3 hari perjalanan di sekitar pulau Lombok, pengemudi akan menemani Anda, makan dengan harga makanan yang murah dan menemukan tempat menginap dengan harga yang murah juga dikala malam hari. Biasanya penyewa mobil bertanggung jawab untuk makanan sopir dan biaya akomodasi jika menginap semalaman atau berhari-hari.

Anda juga bisa bertanya pada pihak hotel tempat Anda tinggal karena beberapa dari mereka tak jarang akan menawarkan mobil dan sopir mereka sendiri dengan harga yang sangat baik.

Dengan sepeda motor
Menyewa sepeda motor juga merupakan pilihan yang baik dan tersedia di banyak tempat di Senggigi, Mangsit, Mataram, Cakranegara dan di tempat lain. Tarif untuk sewa biasanya berkisar Rp 50.000 untuk pada hari libur lokal ketika permintaan untuk penyewaan sepeda motor meningkat. Model akhir sepeda motor full­ otomatis dan semi­ otomatis yang tersedia di Lombok dan mereka biasanya memiliki jangkauan ukuran mesin di 100­-125cc.

Perawatan harus dilakukan setiap saat ketika mengendarai sepeda motor di mana saja di Lombok lantaran jalan yang kadang­-kadang dalam kondisi sangat buruk. Pasir, batu dan kerikil dapat ditemukan di banyak jalan. Lubang besar dan kerusakan jalan lainnya dapat menyebabkan kecelakaan dan cedera serius pada pengendara sepeda motor.

Berkendara setelah timbulnya senja harus dihindari di daerah selatan atau terpencil Lombok dan harus dilakukan dengan hati-hati di tempat lain. Perlu dipahami bahwa mayoritas besar dari sopir di Lombok memiliki pengetahuan yang baik atau tidak ada untuk aturan jalan umum.

Pengguna jalan biasanya serius dan disiplin tetapi kadang­-kadang terlibat dalam perilaku yang sangat berbahaya dan tidak menentu di jalan dan sering akan menyeberang secara sembarangan.

Menyalip dan bermanuver ternyata juga sering dilakukan dengan cara yang sangat berbahaya. Selalu periksa sepeda motor sewaan Anda atas kerusakan sebelumnya. Terutama periksa fungsi rem yang benar dan kondisi ban (termasuk inflasi ban).

Pastikan STNK saat ini ­ (Surat Tanda Nomor Kendaraan) (Sertifikat Pendaftaran) yang saat ini adalah salinan asli dan sesuai dengan sepeda motor.

Dengan ojek
Ojek adalah layanan taksi sepeda motor. Harga bisa dinegosiasikan tetapi harga terendahnya adalah Rp 5.000 jika tujuannya dekat, Rp 10.000 untuk beberapa kilometer, Rp 20.000 untuk perjalanan panjang seperti tujuan dari Senggigi ke Ampenan untuk mengambil tiket penerbangan atau pergi ke pasar dan Rp 35.000­-Rp 50.000 untuk seharian penuh.

Jika jarak yang cukup jauh maka penyewa harus menawarkan untuk membeli beberapa bahan bakar. Secara tradisional pengendara ojek akan menunggu penyewa untuk menyelesaikan urusan mereka di tujuan dan membawa mereka kembali ke rumah lagi.

Jika akan melakukan aktivitas diluar selama seharian penuh maka Anda harus mempertimbangkan menyediakan makanan dan minuman sederhana. Pastikan Anda memiliki helm Anda sendiri atau memintanya saat menyewa motor.

Dengan kereta kuda
Sebuah gerobak kuda atau cidomo, sangat umum di Lombok. Ini adalah metode transportasi yang baik untuk jarak pendek misalnya, dari hotel ke restoran. Pastikan untuk menyepakati harga sebelum perjalanan ­ Rp10.000 adalah harga maksimum untuk membayar untuk perjalanan pendek. Di Gili tidak ada mobil, jadi gerobak kuda atau sepeda adalah cara terbaik untuk berkeliling.

Dengan perahu
Perahu nelayan tradisional yang dikenal sebagai perahu lalang ada di perairan sekitar Lombok, dan langsung dikenali karena cadik mereka, dengan dua potong bambu ekstra besar disegel di kedua ujung dan melekat dengan bar cadik kayu di kedua sisi membuat konfigurasi mirip dengan catamaran untuk stabilitas ketika membawa beban berat.

Perahu ini juga dapat disewa, baik secara langsung dari pemilik atau melalui agen perjalanan, yang tentu saja akan mengambil komisi sering murah hati. Anda kemungkinan besar akan diharapkan untuk membayar untuk layanan ini jika negosiasi berhasil baik dengan 'menyewa' panduan atau oleh komisi yang dibayarkan kepadanya oleh operator kapal.

Charter dan perjalanan dengan speedboat dapat diatur di Lombok dan operator profesional akan mampu menyediakan layanan yang sesuai termasuk on­board peralatan keselamatan.

Dengan sepeda
Lalu lintas relatif ringan sepanjang pulau sehingga perjalanan dengan sepeda sangat mungkin dan memberikan pengalaman budaya yang sangat berbeda untuk transportasi lain. Anda mungkin ingin membawa sepeda touring Anda sendiri, karena kebanyakan sepeda lokal kualitasnya sangat dasar.

Ada satu operator tur sepeda (Lombok Bersepeda) yang memiliki sepeda yang layak dan panduan. Sepeda kualitas yang wajar dapat dibeli di Indonesia dan dapat menawarkan alternatif dengan biaya dan kompleksitas pengiriman sepeda Anda sendiri dari luar negeri. Merek sepeda Polygon diproduksi di Indonesia dan memiliki kualitas ekspor.

Mengendarai sepeda setelah senja harus dihindari di seluruh Lombok karena kondisi jalan yang berbahaya. Lombok memiliki operator tur sepeda terletak di Senggigi. Lihat artikel Senggigi secara terpisah untuk informasi lebih lanjut. Silakan merujuk ke bagian "Dengan mobil" dan "Dengan sepeda motor" bagian atas untuk keterangan lebih lanjut.

Lihat
Pantai Tanjung Aan (Suryanata Budi)
  • Pantai Tanjung A'an - Daerah yang indah di dekat Pantai Kuta. Pasirnya sangat unik sehingga terlihat seperti lada. Penjaga pantai biasanya tiba di pantai lebih awal. Mereka mencegah penjaja yang mengganggu turis, tetapi biasanya penjaja kebanyakan anak-anak dan penduduk desa yang berusaha mencari nafkah. Beberapa penjaja biasanya menawarkan berbagai macam makanan, minuman bahkan sandang seperti sarung khas Lombok.
  • Pantai Selong Belanak - Daerah pantai berpasir panjang yang indah di dekat Kuta, Lombok. Tempat ini dikenal sebagai area selancar untuk peselancar pemula. Lokasinya dapat dicapai 20 menit dari Pantai Kuta atau 10 menit dari Pantai Mawun. Akomodasi dan transportasi di sekitar area pantai ini sangat terbatas. Disarankan untuk tinggal di Kuta, dan menjadikan Pantai Selong Belanak sebagai perjalanan harian.
  • Sukarare/sukarara - Merupakan salah satu desa obyek wisata tradisional untuk melihat proses kerajinan tangan dan tenun masyarakat lokal. Jika berencana membelinya, setidaknya Anda harus mendapatkan harga yang lebih murah daripada harga toko-toko di Sengigi.
Air Terjun Sendang Gile
  • Air terjun Sendang Gile. Merupakan atraksi yang terletak di dekat Senaru di lereng Gunung Rinjani.
  • Kepulauan Gili - Merupakan kepulauan yang terdiri dari 3 pulau kecil: Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air
Lakukan
  • Pijat tradisional - Perempuan Sasak lokal menawarkan layanan pijat di dalam kawasan pariwisata utama dan terutama di pantai-pantai di Senggigi dan Mangsit. Pijat ini bersifat tradisional dan terapeutik dan sering dilakukan di tepi pantai menggunakan alat-alat tradisional.
  • Snorkeling - Ada beberapa situs penyelaman yang cukup bagus di antara Kepulauan Gili. Jika beruntung, Anda bisa melihat dan berenang dengan kura-kura. Tempat lain yang bagus untuk snorkeling terletak di Pantai Senggigi, di area pribadi Hotel Kila Senggigi Beach Lombok.
  • Surfing. Daerah di sekitar Kuta adalah surga bagi para surfer.
  • Scuba diving - Ada beberapa pusat menyelam terakreditasi di Lombok dan mereka menyediakan berbagai layanan dan paket.
  • Trekking - Ada beberapa jalur yang bagus di sekitar Lombok, termasuk hiking berhari-hari di Gunung Rinjani via Senaru. Ada beberapa trek pendek untuk melihat air terjun dan atraksi lainnya. Perencanaan ke depan yang memadai sangat penting untuk pendakian Rinjani. Rinjani terakhir meletus pada Mei 2010 dan letusan besar terakhir adalah pada tahun 1994. Kebanyakan petualang memulai trekking dari Sembalun atau Senaru.
  • Tur Bersepeda - Tur bersepeda dengan pemandu tersedia untuk mengeksplorasi Lombok dari tempat duduk sepeda.
  • Beli Mutiara - Lombok terkenal sebagai salah satu penghasil mutiara terbaik di dunia, mutiara emas ikonik adalah yang paling diburu oleh para wisatawan.
Makan

Kata lombok memiliki sinonim cabe/cabai. Dalam bahasa sasak, cabai adalah sebie. Meskipun nama pulau Lombok sebenarnya berasal dari kata Lomboq, yang berarti lurus dalam bahasa Sasak. Sebenarnya tidak ada hubungannya sama sekali dengan cabai seperti yang dipercayai banyak orang.
  • Ayam Taliwang - Ini mungkin merupakan hidangan lokal yang paling dikenal di Lombok. Meski tidak ada resep resmi, kebanyakan interpretasi makanan lokal ini melibatkan ayam dilapisi dengan saus merah dibumbui dengan lengkuas, kunyit dan tomat.
  • Pelecing - Adalah saus pedas yang digunakan di banyak hidangan. Saus ini dibuat dengan cabai, terasi, dan tomat.
  • Lengkare -Merupakan terasi lokal yang terkenal di Lombok.
  • Sares - Terbuat dari cabai, air kelapa dan empulur pisang sawit dan kadang-­kadang dicampur dengan daging.
  • Kelor - sup panas dengan sayuran.
  • Serebuk - sayuran dicampur dengan kelapa.
  • Timun urap (mentimun dengan kelapa, bawang dan bawang putih).
  • Nasi campur - Umumnya makanan paling mahal dan paling populer di menu rumah makan adalah nasi campur. Hidangan ini adalah makanan lengkap yang disajikan di atas satu piring, biasanya terdiri dari nasi dan sayur serta lauk lain seperti tahu, tempe, ayam, daging sapi, ikan, kacang tanah, beserta  macam berbagai macam sayuran yang telah dimasak. Seperti namanya, makanan ini memang dihidangkan dengan campuran item yang berbeda.
Tidur

Sebagian besar akomodasi berkualitas baik di Lombok dapat ditemukan di Senggigi, ke utara dari bandara. Kepulauan Gili saat ini sudah terkenal dengan bagi para wisatawan muda dan sekarang menawarkan berbagai macam akomodasi.

Pantai Kuta di Lombok populer dengan peselancar dan pelancong yang mencari lingkungan desa lebih tenang dan tradisional. Daerah di sekitar Sira dan Medana di pantai barat utara dekat Tanjung memiliki 4 hotel gaya resor. 

Tetap aman

Meskipun Lombok adalah tempat yang aman dan stabil, tips ini dapat membantu Anda di sepanjang jalan:
  • Karena Lombok tidak dipenuhi oleh banyak turis layaknya Bali, akan bijaksana jika bepergian secara berkelompok baik dua orang atau lebih. Hal ini terutama berlaku untuk wisatawan perempuan agar lebih aman.
  • Kebanyakan daerah wisata dan desa sibuk dengan aktivitas di malam hari. Seringkali PKL menjual makanan sampai pukul 21:00 pada malam hari. Wisatawan dan penduduk lokal akan sering berjalan-­jalan ketika restoran terbuka. Namun ketika bepergian ke pedesaan atau daerah non-­turis setelah gelap mungkin ada sangat sedikit orang yang ditemukan di jalan­-jalan. Dalam situasi ini umumnya lebih bijaksana untuk tinggal di dalam rumah setelah gelap. Orang­-orang di pedesaan Lombok sering terlelap di tempat tidur sekitar pukul 20:00, bangun lagi pada 05:00.
  • Selalu kunci ritsleting tas Anda, terutama ketika bepergian ketempat ramai.
  • Cobalah untuk tidak menampilkan kekayaan mencolok seperti uang dalam jumlah besar atau kamera mahal, ponsel dan barang­-barang lainnya karena mungkin pencuri termasuk anak-anak dapat terdorong untuk melakukan tindakan kriminal.
  • Berpakaian sopan di daerah pedesaan, tempat keagamaan dan bangunan pemerintah.
  • Sepatu harus selalu dilepas ketika memasuki rumah seseorang dan kadang­-kadang bahkan di beberapa toko.
  • Di Lombok, seseorang akan dianggap cukup kasar atau tidak sopan untuk menawarkan sesuatu dengan tangan kiri kepada seseorang kecuali mereka adalah teman atau anggota keluarga yang sangat dekat dan intim, dan bahkan  sebaiknya dihindari.
  • Demam berdarah dan komplikasi yang lebih serius dari Demam Berdarah Dengue (DBD) hadir di Lombok. Selama tahun 2009­ awal 2011 ada wabah mempengaruhi pulau termasuk pulau­pulau Gili terdekat. Jika gejala Demam Berdarah atau DBD muncul bantuan medis harus dicari tanpa penundaan dari salah satu rumah sakit besar di Lombok. 
  • Penggunaan kelambu dan obat nyamuk dianjurkan terutama ketika tidur dan ketika menghabiskan waktu di daerah lebat bervegetasi selama musim hujan atau setiap saat ketika nyamuk berkembang biak. Jika obat nyamuk sesuai tidak dapat diperoleh secara lokal disediakan Minyak Sereh (Sitronela) mengandung serai dan berasal dari sereh (sereh) tanaman.
Mengatasi
Rumah sakit

  • Rumah Sakit Umum Daerah Kota Mataram - Alamat: Pagutan Raya, Jl. Bung Karno No.3, Pagesangan Tim., Kec. Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. 83127. Jam buka: Buka 24 jam. Telepon: (0370) 640774.
  • Rumah Sakit Grha Ultima Medika (RS GUM) - Alamat: Jl. Majapahit, Pagesangan, Kec. Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. 83115. Jam buka: Buka 24 jam. Telepon: (0370) 623999.
  • Rumah Sakit Bhayangkara Mataram - Alamat: Jl. Langko No.64, Pejeruk, Ampenan, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. 83112. Jam buka: Buka 24 jam. Telepon: (0370) 629149.
  • Rumah Sakit Risa Sentra Medika - Alamat: Jl. Pejanggik No.115, Cilinaya, Cakranegara, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. 83239. Jam buka: Buka 24 jam (UGD). Telepon: (0370) 625560.
  • Rumah Sakit Harapan Keluarga - Alamat: Jl. Ahmad Yani No.9, Selagalas, Sandubaya, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. 83237. Jam buka: Buka 24 jam. Telepon: (0370) 6177000.
  • Rumah Sakit Islam Siti Hajar - Alamat: Jl. Catur Warga No.8B, Mataram Tim., Kec. Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. 83126. Jam buka:  Buka 24 jam. Telepon: (0370) 623498 atau (0370) 638707.


Hubungi

  • Ambulans ☎ +62 370 623489
  • Darurat ☎ 118
  • Polisi Daerah Lombok (Nasional) (Polda), Jl Gajah Mada No7, Ampenan (Mataram), ☎ +62370 693110 . 24 jam darurat nomor 110 
  • Polisi Senggigi (Pos Polsek Senggigi), Jl. Raya Senggigi km 1 Senggigi (Dekat Pasar Seni), ☎ +62 370 632733.
Keluar
Sumbawa 
Komodo ­
Flores
Disqus Comments