Sunday, March 17, 2019

Panduan Wisata Papua dan Sekitarnya

Mengenal Papua
Papua, juga dikenal sebagai Papua Barat atau dulunya Irian Jaya, adalah wilayah paling timur dari negara Indonesia. Ini terdiri dari bagian barat Pulau Papua (New Guinea), yang merupakan pulau tropis terbesar dan tertinggi di dunia, sementara bagian timur-nya dihuni oleh adalah negara Papua Nuguni (New Guinea).

Raja Ampat
Papua mempertahankan banyak budaya tradisional dan merupakan rumah bagi beberapa keanekaragaman hayati terkaya di dunia. Taman Nasional Lorentz, sebuah situs warisan dunia UNESCO dan kawasan hutan lindung terbesar di kawasan Asia-Pasifik, berkisar dari pantai barat daya Papua hingga pegunungan tengahnya.

Papua memiliki hutan hujan tropis yang vital yang memiliki pepohonan tropis tertinggi dan keanekaragaman hayati yang luas, fauna yang terkenal termasuk marsupial (possum, walabi, kanguru pohon, cuscus), mamalia lain (Echidna/Babi berduri berparuh panjang yang terancam punah), spesies burung (burung cendrawasih, kasuari, bayan, kakatua), kadal terpanjang di dunia (Biawak Papua) dan kupu-kupu terbesar di dunia. Pulau ini diperkirakan memiliki 16.000 spesies tanaman, 124 genus di antaranya adalah endemik.

Saluran air dan lahan basah Papua yang luas juga merupakan rumah bagi buaya air tawar dan muara. Sebagian besar gletser khatulistiwa di dataran tinggi di pulau ini masih belum dijelajahi. Daerah yang dilindungi di provinsi Papua termasuk Taman Nasional Lorentz, Situs Warisan Dunia UNESCO, dan Taman Nasional Wasur, lahan basah Ramsar yang sangat penting secara internasional.

Budaya
Terdiri dari bagian barat pulau Papua (New Guinea Island), pulau tropis terbesar dan tertinggi di dunia, Papua memiliki kebudayaan yang sangat beragam dan berbeda dari daerah lain di Indonesia dan dunia.

Meskipun penduduknya kurang dari 5 juta, Papua adalah rumah bagi lebih dari 250 bahasa dan mempertahankan banyak budaya tradisional yang sampai saat ini "masih dalam Zaman Batu". Kanibalisme dan pengayauan dipraktikkan di beberapa daerah sampai tahun 1970-an atau lebih baru.

Bahasa
Masyarakat Papua saat ini sudah mengenal dan menggunakan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-harinya. Namun ditempat-tempat yang terpencil apalagi di pedalaman hutan, bahasa Indonesia masih sedikit dikuasai masyarakat-nya. Ditempat-tempat wisata utama, seperti Raja Ampat, bahasa inggris sebagian dimengerti oleh masyarakatnya.

Daerah
  • Papua Barat - Raja Ampat, Pantai WTC (Waisai Torang Cinta), Taman Nasional Teluk Cendrawasih
  • Papua - Asmat, Lembah Baliem, Biak, Taman Nasional Lorentz, Taman Nasional Wasur

Kota-Kota 
  • Biak
  • Fakfak
  • Jayapura - ibukota dan kota terbesar
  • Manokwari
  • Merauke
  • Nabire
  • Sorong
  • Timika - Kota terdekat untuk menuju salah satu tambang terbesar di dunia
  • Wamena - pintu gerbang ke Lembah Baliem

Tujuan Wisata Utama
  • Lembah Baliem - Rumah para pejuang suku Dani yang terkenal karena gigitannya.
  • Taman Nasional Lorentz - Taman nasional terbesar di Asia.
  • Raja Ampat - Tempat terumbu karang terkaya di dunia.
  • Taman Nasional Wasur - Taman Nasional lahan basah & rawa-rawa.
  • Taman Nasional Teluk Cendrawasih - Terkenal karena keindahan biota lautnya.
Mengunjungi
Dengan Pesawat
Hampir semua wisatawan tiba dengan pesawat ketika mereka berwisata ke Papua. Gerbang utamanya adalah Biak, Manokwari dan Jayapura, meskipun ada juga penerbangan terbatas ke Fakfak, Sorong dan Timika. Garuda, Lion, Batik dan Citilink memiliki penerbangan langsung dari Jakarta ke Jayapura.

Dengan Kapal
Kapal-kapal Pelni juga berhenti di Jayapura dan Farfak, di antara destinasi-destinasi lainnya. Ini adalah cara yang santai dan menarik untuk datang jika Anda punya waktu.

Mengelilingi
Kota-kota utama Papua tidak terhubung dengan baik melalui jalan darat (meski ada Jalan Trans Papua), dan penerbangan adalah satu-satunya pilihan praktis untuk menempuh perjalanan jarak jauh. Sewa kapal untuk perjalanan sungai sangat mahal, harganya mulai dari US $ 50 / hari untuk kano sederhana hingga US $ 500 / hari (termasuk gas) untuk tempel bermotor.
  • PELNI- cara terbaik untuk berkeliling. Kapal bernama Labobar menjadi pilihan yang baik.
  • Sorong ke Waisai, Ibukota Raja Ampat - Big Speed ​​Boat - Rp 130.000 / orang
  • Waisai ke Arborek - Perahu serat kecil - RP1.000.000 / jalan.
Makan
Makanan asli Papua biasanya terdiri dari babi hutan dengan umbi-umbian seperti ubi jalar, papeda, sate ulat sagu dan lain-lain.

Tetap Aman 
Operasi Papua Merdeka (OPM) hingga hari ini masih terus meneror di beberapa daerah di Papua, salah satunya Nduga. OPM bisa saja menculik wisatawan, meskipun target mereka adalah karyawan perusahaan pertambangan dan personel TNI, bukan turis. Selain itu, Anda juga perlu hati-hati terhadap buaya air asin besar didaerah perairan muara dan pantai rendah. Malaria adalah hal yang menyebalkan di sini, Anda sebaiknya harus melakukan tindak pencegahan sebelum mengunjungi Papua.

Keluar
Kepulauan Maluku (Maluku)
Papua Nugini
Disqus Comments